Sandi kotak


          Dalam pramuka kita kita mengenak yang namanya sandi.Saat ini kita akan mempelajari tentang sandi kotak.Sandi kotak merupakan salah satu sandi yang paling mudah di pelajari dari pada sandi-sandi yang lain.Meskipun salah satu sandi yang mudah tetapi kalau kita tidak tahu caranya sandi yang mudah pun bisa menjadi sangat-sangat sulit.

1.pengertian
         Seni dan ilmu membuat sandi atau komunikasi rahasia dalam bahasa yunani disebut dengan cryptography yang berarti rahasia. Sandi kotak merupakan sandi yang paling mudah untuk dipelajari dalam kegiatan kepramukaan dibanding sandi-sandi yang lain. sifatnya yang rahasia dan terkonsep. Sandi tidak dibuat tanpa alasan melainkan memang ada tujuan tertentu yang pastinya bermanfaat.

2.sejarah
       Pada tahun 3000 SM era kerajaan Babilonia, para arkeolog menemukan tulisan cuneiform. Tulisan berupa kode rahasia ini ditulis di atas kepala seorang budak yang telah dicukur dan ditempatkan sampai rambut budak tersebut tubuh kembali. Jika telah tumbuh barulah pesan ini disampaikan pada si penerima.

Sesampainya di tempat si penerima, rambut si budak itu kemudian dicukur kembali untuk melihat isi pesan yang telah dibuat. Metode ini dirasa cukup rumit, namun lumayan berhasil untuk mengecoh lawan pada saat itu.

 Adapun serang kaisar bernama Julius Caesar membuat sandi dnegan cara sistem loncat dalam huruf romawi. Misalnya jika ia ingin menuliskan huruf A maka ditulis menjadi F, dari lA loncat lima huruf menjadi F dan seterusnya sampai menjadi kalimat.

Hingga kini pun sandi masih sering digunakan ungtuk mengirim pesan tertentu yang bersifat rahasia. Tidak hanya itu, sistem per bankan pun menggunakan sandi, bahkan ponsel seluler juga ikut menggunakan sandi demi menjaga privasi.


3.fungsi sandi kotak
    Sandi dalam kegiatan pramuka kerap digunakan ketika tengah melakukan kegiatan rutin pramuka, hiking, camping, permainan. Tujuannya untuk melatik para penggerak pramuka untuk membnagun kerjasama, ketelitian, dan masalah yang dihadapi.


4.macam-macam sandi kotak
    SANDI KOTAK ada 3 (tiga)
  •  Sandi kotak I
  •  Sandi kotak II
  •  Sandi kotak III
1.sandi kotak 1
  Dinamakan sandi kotak karena huruf-huruf yang menjadi kode terdapat dalam sebuah kotak yang berbentuk menyilang dan verttikal horizontal yang terdiri dari sembilan kotak. Huruf a sampai r berada di dalam kotak vertikal horizontal dengan susunan menyamping mulai dari kotak 1 ab, 2 cd, 3 ef, 4 gh, 5 ij, 6 kl, 7 mn, 8 op, 9 qr. Adapun st, uv, wx, dan yz berada pada kota dengan bentuk menyilang.

Masing-masing dalam kotak vertikal horizontal terdiri dari dua huruf. Bedanya terletak pada titik yang menyertai huruf kedua dari setiap kotak. Misal ab, maka titiknya berada di titik b. Begitu pun pada kotak menyilang, setiap kotak terdiri dari dua huruf dengan satu titik di huruf keduanya. Misal st, maka titik berada pada huruf t.

Penggunaan sandi kotak satu adalah dengan cara memecah kotak-kotak baik yang berbentuk vertikal horizontal maupun menyilang. Jika anda hendak menggunakan huruf a, karena a berada di kotak pertama, maka anda dapat memmbentuk garis siku-siku. Adapun b, karena ia bergandengan dengan a, maka gambar garis siku-siku dengan titik di dalamnya.

Setelah melihat gambar, anda akan lebih mudah memahami bagaimana cara kerja sandi kotak yang amat mudah ini. Sandi kotak dapat anda gunakan tidak hanya ketika dalam kegiatan pramuka. Tapi juga dalam berkomunikasi bersama teman anda seperti surat rahasia. Atau anda juga dapat menulis catatan harian menggunakan sandi kotak 1 tanpa takut diketahui orang.


sandi kotak 1





2.sandi kotak 2

    Rumus dari sandi kotak 2 ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan rumus sandi kotak 1. Jika dalam sandi kotak 1 dalam satu kota terdiri dari dua huruf alfabet disertai dnegan titik, maka pada sandi kotak 2 terdiri dari 3 huruf alfabet dalam satu kotak vertikal horizontal dan tanpa menggunakan titik kecuali dalam penerapannya.

Selain itu jika pada sandi kotak 1 terdiri dari dua macam kotak, vertikal horiontal dan menyilang, maka pada sandi kotak 2 hanya terrdapat satu kotak yang berbentuk vertikal horizontal. Dalam kotak vertikal horizontal ini dibagi menjadi sembilan kotak dengan masing-masing tiga huruf di dalamnya.

Abc, def, ghi, jkl, mno, pqr, stu, vwx, yz. Adapun cara penerapannya dalam sebuah kata hampir sama dengan cara penggunaan sandi kotak 1. Pada sandi kotak 2, anda hanya perlu membentuk huruf sesuai dengan posisinya di dalam kotak, dan jika huruf yang akan anda tulis termasuk dalam huruf kedua dari kotak, maka anda cukup menambahkan satu titik.

Apabila huruf yang akan anda tulis berada pada huruf ketiga pada sebuah kotak, maka anda harus menambahkan dua titik. Contoh huruf a, anda cukup membuat garis siku-siku. Adapun huruf b, garis siku-siku ditambahi dengan satu titik di dalamnya. Dan jika huruf c, maka garis siku-siku diisi dengan dua titik di dalamnya.

sandi kotak 2



3.sandi kotak 3

      Jika dibandingkan dengan sandi kotak 1 dan sandi kotak 2, sandi kotak 3 termasuk sandi yang unik dan lumayan rumit. Pasalnya anda harus benar-benar menghapal di mana letak masing-masing huruf, tidak seperti sandi kotak 1 dan sandi kotak 2 yang letak hurufnya dapat anda susun dengan mudah sesuai urutan tanpa harus menghapal.Jika diuraikan bentuk sandi kotak ini adalah perpaduan antara kotak vertikal horizontal dan kotak yang berbentuk persegi empat belah ketupat di mana setiap huruf alfabetnya menyebar. Belum lagi keberadaan titik pada sebuah huruf yang tidak bisa dipola alias anda sendiri harus menghapal langsung peletakannya.

Misalnya keberadaan huruf a dan yang berada di tengah kotak, yang mana huruf b disertai dengan titk yang berarti jika anda membentuk huruf a, anda cukup membentuk kotak persegi empat. Dan jika anda ingin membuat huruf b, anda harus membentuk kotak persegi empat dengan titik di tengahnya.
Peletakkan huruf alfabet yang lebih rumit misalnya ada pada huruf n. Huruf alfabet n terletak di ujung garis antara garis belah ketupat dan garis vertikal horizontal disertai dnegan titik. Jadi jika anda ingin membuat huruf n, anda perlu membentuk garis siku-siku disertai dengan titik di dalmnya.
sandi kotak 3


Sekian dan semoga dapat bermanfaat khususnya bagi saya dan pada umumnya bagi semua anggota pramuka di dunia.