sandi semaphore dan morse


  1. Sandi Semaphore


      Sandi pramuka yang menggunakan bendera dan membentuk suatu pola dengan kedua tangan sekaligus memegang bendera semaphore itu sendiri sering disebut dengan sandi semaphore. Sandi semaphore juga memiliki masing-masing huruf alphabet dan bentuk sandinya yang berbeda.

   Biasanya sandi ini sering digunakan untuk parade semaphore yaitu penampilan tarian bendera yang kreatif yang membentuk susunan kata-kata.


   2.Sandi morse

 Semboyan morse ini dipakai diseluruh dunia, penemu kode ini bernama Samuel Finley Breese Morse, seorang berkebangsaan Amerika. Sandi ini ditemukan pada tahun 1837, baru pada tahun 1851 dalam konferensi Internasional diterima dan dipergunakan diseluruh dunia.
Untuk membedakan antara titik (.) dan strip (-) maka peluit atau alat lainnya dibuat perbandingan 1:3, 1 buat titik dan 3 buat strip.
Dari semboyan morse ini, selain dipakai untuk merahasiakan berita, juga diharapkan untuk melatih anggota Pramuka menjadi cerdas, trampil dan tajam alat indera pendengaran/pengelihatan.
Kita mengenal berbagai macam cara dan alat untuk menyampaikan isyarat morse, antara lain sbb:

  • Peluit
    Bunyi Panjang dan Pendek

  • Bendera
    Kibaran Panjang dan Pendek

  • Api/ Cahaya
    Nyala Pendek dan Panjang

  • Asap
    Gumpalan Besar dan Kecil

  • Telegrap
    Titik dan Garis

  • Cermin
    Sinar Matahari Pendek/ Panjang

  • Sandi Koordinat (Sandi Merah Putih)
 Sandi koordinat disebut dengan “sandi gudep sedia”, sandi ini sering menggunakan kata-kata GUDEP SEDIA sebagai kata kuncinya. Namun dapat juga digunakan dengan kata-kata lain seperti RUMAH BESAR, PANDU CERIA, dan kata lain yang terdiri dari 10 huruf dengan 5 huruf di masing-masing kata tersebut.

 Cara mengunakannya adalah dengan membuat kotak terlebih dahulu dengan kolom dan baris masing-masing memiliki 6 kotak. Kemudian tulis kata GUDEP SEDIA di bagian atas dan samping kiri dan alfabet A sampai Y pada kotak lainnya seperti contoh gambar diatas.
Pada gambar tersebut dapat kita lihat koordinat-koordinatnya, huruf A akan diwakili dengan SG (baris S kolom G), huruf S diwakili dengan IE (baris I kolom E), dan seterusnya.

Contohnya: GUDEP akan ditulis EU.AG.SE.SP.IG.