permainan untuk pramuka siaga



     materi latihan Pramuka siaga merupakan sekumpulan standar kompetensi yang wajib dipenuhi oleh setiap anggota pramuka siaga. Materi-materi itu disiapkan dalam latihan pramuka yang diolah dengan sebuah permainan.

Materi yang dibungkus pada bentuk permainan ini mengandung unsur pendidikan serta nyanyian yang menarik dan menyenangkan. pelaksanaannya, materi latihan materi latihan diharapkan memiliki sifat modern, bermanfaat dan taat pada asas-asas.

jumlah materi pramuka siaga dibagi pada beberapa area yaitu :

Area Pengembangan Sosial :
Pramuka Siaga Mula : Mengenal anggota keluarga, teman dalam satu barung, dan mengenal teman satu perindukan.
Pramuka Siaga Bantu : Mengenal lingkungan dan mengetahui aturan-aturan sosial yang berlaku lingkungannya.
Pramuka Siaga Tata : Taat pada peraturan sosial yang berlaku di lingkungannya. Serta melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab juga mengetahui wawasan kebangsaan.


Area Pengembangan Intelektual :
Pramuka Siaga Mula : Mengenal pengetahuan, teknologi dan keterampilan kepramukaan dengan baik.
Pramuka Siaga Bantu : Bisa melaksanakan pengetahuan teknologi dan keterampilan kepramukaan serta dapat memanfaatkannya.
Pramuka Siaga Tata : Bisa menceritakan pengetahuan dan teknologi serta keterampilan kepramukaan yang dimilikinya pada barung dan perindukan


Permainan Pramuka siaga

     Berikut adalah beberapa permainan yang bisa dimainkan  pramuka siaga dan beberapa fungsinya

1. Tangkai Sapu Ajaib
Tujuan
Memberi kesempatan kepada peserta untuk saling mengenal lebih jauh lagi.
Bahan
Satu tangkai sapu.
Langkah-langkah :

  1. peserta membentuk lingkaran, tangkai sapu di letakan di tengah lingkaran. 
  2. peserta di minta membawakan satu macem karakter. Tangkai sapu di mainkan sebagai benda yang ada hubungannya dengan karakter yang di bayangkan, bukan sebai tangkai sapu. 
  3. mereka di minta maju satu persatu ke tengah lingkaran untuk memperagakan karakter yang di bayangkan tersebut. 
  4. para peserta yang lain di suruh menerka identitas karakter yang sedang di peragakan. 
  5. seluruh peserta harus mendapat kesempatan memperagakan karakter khayalannya. 

Perhatian 
Latihan ini di maksudkan sebagai latihan agar peserta dapat menggunakan tubuhnya untuk menampilkan karakter khayalan. Spontanitas dan ketelitian harus di usahakan terus berkembang. Jangan ada dua karakter permainan yang sama. Kalau para peserta melihat satu karakter yang sama dengan yang sudah di peragakan, yang sedang memperagakan itu di minta untuk mengganti karakternya. 
Variasi
  1. para peserta boleh memperagakan sebanyak mungkin karakter yang mereka inginkan. 
  2. di saat seorang peserta memperagakan satu karakter, peserta yang lain boleh ikut main dengan karakter itu. 
  3. boleh menggunakan lebih dari satu benda, misalnya, tangkai sapu dan kain lap. Tergantung kapasitas para peserta. 
 (bila kelompok dapat menyekesaikan tugasnyasebelum hitungan ke 10 mereka boleh langsung jongkok untuk menunjukan bahwa mereka telah selesai melakukan tugas).


2. Menggambar Wajah
Tujuan  
  1. membantu peserta untuk memandang langsung ke dalam mata pasangannya, saling mengenal cirri-ciri wajahnya, dengan harapan hal ini bias membantu proses untuk saling terbuka dan tidak lagi kikuk satu dengan yang lainnya.  
  2. Melatih peserta satu cara sederhana menggambar dan menghilangkan perasaan peserta bahwa mereka tidak mampu menggambar.
Langkah-langkah
  1. dengan sehelai kertas setiap pasangan saling berhadapan dan mulai menggambar wajah pasangannya. Bisa mulai dari mana saja  tetapi tidak boleh melihat kertas sama sekali.  
  2. Gerakan tangan mengikuti arah gerak pandangan dan menelusuri garis wajah pasangannya. 
  3. Setelah selesai menggambar, masing-masing pasangan mewawancarai pasangannya, mengenai nama, tempat tinggal, pekerjaan, umur, keluarga, dan sebagainya waktunya cukup 5 menit saja untuk tiap peserta. 
  4. Kemudian setiap pasangan tampil di depan kelompok memperkenalkan pasangannya dengan cara menunjukan gambar pasangannya menyebutkan: “nama saya ….(nama pasangan), tempat tinggal …., dst.
3. Rantai Nama
    Tujuan
    1. Permainan ini dimaksudkan bagi kelompok yang saling kenal nama masing-masing,agar lebih akrab,serta memberipengalaman didepan forum.
    Langkah-langkah
    1. peserta bersama pemandu berdiri dalam lingkaran.
    2. Pemandu menjelaskan aturan permainan sbb :
          Salah seorang menyebutkan namanya dengan suara keras agar terdengar oleh setiap peserta, kemudian peserta yang berdiri disebelahnya (kiri / kanan ) menyebutkan nama peserta pertama tadi ditambah dengan namanya sendiri. Peserta ketiga menyebutkan nama pesrta pertama dan kedua ditambah dengan namanya sendiri, begitu seterusnya sampai selesai.

    1. proses ini diulangi lagi dengan arah berlawanan, di mulai dari peserta terakhir menyebutkan rantai nama tersebut. 
    Variasi
    Buat lingkaran, setiap peserta bergiliran menyebutkan nama panggilan, umur, tempat asal, pekerjaan, lalu peserta lain menirukan begitu seterusnya sampai selesai satu putaran. Putaran ke dua, semua peserta mengulangu lagi secara bersama-sama data pribadi tersebut, dengan urutan seperti semula. 

    4.Perkenalan Rahasia

    Peralatan                : Kain yang lebar (sprei)
    Jumlah pemain      : semua pemain masuk dalam regu
    Waktu                     : 10 menit
    Tujuan                    : Saling mengenal nama

    Peserta dibagi dalam 2 kelompok. Kedua regu saling berhadap-hadapan. Tetapi diantara kedua regu itu dibentangkan kain yang lebar, sehingga kedua regu tidak dapat saling melihat. Permainannya ialah : setiap regu menentukan wakilnya untuk menebak wakil kelompok lain tetapi juga ditebak. Wakil kedua kelompok berlutut berhadapan. Agar supaya lebih seru para pemain ini boleh saling memperlihatkan kaki atau sepatu. Pemimpin menghitung sampai 3 dan pada hitungan ketiga itu kain diturunkan tiba-tiba. Kedua wakil itu harus adu cepat untuk menebak siapa wakil lawannya.Wakil regu yang cepat menebak dengan tepat, mendapatkan angka untuk regunya. 


    5. Mencari Dengan Diam

    Peralatan               : Perangko
    Jumlah pemain     : berapa saja
    Waktu                    : bervariasi, tergantung jumlah pemain dan kemampuan                                                          mengobservasi
    Tujuan                    : - Melatih kemampuan mengobservasi
    - Memupuk inisiatif
    Sebuah perangko ditempel di suatu tempat dalam ruangan pertemuan sebelum para peserta datang/tiba. Instruksinya : Tiap peserta harus mencari perangko tersebut dan bila mereka telah melihatnya, mereka harus duduk diam dan tidak boleh berkata apa pun. Akan sangat lucu memperhatikan peserta-peserta terakhir.  Dan tentu saja peserta yang paling akhir duduk adalah yang kalah. (permainan ini dapat juga dimainkan di luar ruangan).

    6.Permainan Pramuka Mudah Petani dan Pencuri

    Permainan berikutnya yang tak kalah seru yaitu Petani dan Pencuri. Kamu perlu mempersiapkan alat yang tak sulit untuk didapatkan, hanya sebuah karet gelang, kantong kacang atau potongan kain, dan sebuah apel.

    Permainan ini dimainkan untuk melatih kecepatan. Mulanya peserta membentuk sebuah lingkaran dan salah satu peserta menjadi pencuri harus menyingkir terlebij dahulu atau keluar dari ruangan. Saat pencuri itu di luar, harus ada seorang peserta yang ditunjuk sebagai petani.

    Jika sudah siap, maka dimulailah permainan ini. Letakkan sebuah benda di tengah lingkaran. Lalu si pencuri datang dan berjalan mengitari lingkaran. Untuk mencuri benda itu, si pencuri bisa melalui dari sudut lingkaran mana saja. Lalu tugas petani menangkap si pencuri saat sudah menyentuh benda tersebut.

    Yang harus pencuri lakukan yaitu berusaha untuk keluar dari lingkaran tersebut, melalui jalan masuk yang ia lewati tadi, dan pencuri dianggap berhasil dan selamat jika bisa keluar tanpa tertangkap. Jika pencuri tertangkap, maka petani tersebut menjadi pencuri, kemudian dipilihlah seorang petani baru.


    Nah, demikian materi dan permainan pramuka siaga, terima kasih atas perhatiannya.....